Monday, August 19, 2013


"Si Paul wis mati"
"Si Adit sing nemoke"
"Nemune neng nduwur kuburane simbah putri"

Sehari setelah aku sampai di rumah, aku menemukan kabar ini dari ibuku. Katanya, Paul ditemukan oleh salah satu keponakanku yang sedang bermain di area makam umum di dekat rumah. Dia menemukan jasad Paul tepat di atas makam nenekku. Lalu aku bergegas ke kuburan untuk melihat makam si Paul, namun aku tidak menemukannya. Ternyata Paul sudah meninggal cukup lama, beberapa bulan yang lalu.



Paul. Dulu aku pernah bercerita tentang kucing putih yang memiliki mata unik ini, sebelah kanan biru dan yang kiri kuning kehijauan.

Paul tiba-tiba saja ada dirumah sekitar 13 tahun yang lalu. Saat itu Kakakku yang kedua baru saja memiliki anak pertama dan sedang mengandung anaknya yang kedua. Walau tidak ada yang terlalu istimewa dari kehidupan kucing ini, Paul sudah menjadi bagian dari keluargaku. Dia melewati hari-harinya bersama-sama dengan keluargaku.

Terakhir aku bertemu, kondisinya tidak begitu baik. Banyak luka dimana-mana, suaranya pun sudah jauh dari baik. Kegiatannya hanya tidur di kebun anggur rumahku di lantai atas. Namun, aku masih bisa melihat Paul yang kuat dari matanya.  Buatku 13 tahun umur bagi kucing itu sangat luar biasa. Namun ada satu hal yang membuatku sedih, karena Paul ditemukan mati dengan berlumuran oli.
Ibuku bilang mungkin dia disiram dengan oli bekas oleh orang lain ketika berkelahi dengan kucing lain.

Sekarang, aku tidak menemukan sosoknya lagi di kebun anggurku. Namun, Paul pergi meninggalkan istri dan beberapa anak yang salah satunya memiliki bulu yang sama dengan dirinya. Dan dirinyalah salah satu kucing yang kuberi nama Putchan adalah sosok yang paling mewakili sosok Paul.

Mey, si betina
Belang
Picek
Jon dan Jun
Putchan
Shiro
Yah, hari berganti hari, umur makhluk di bumi ini hanyalah sementara. Ini bukanlah perpisahan, nanti kita akan bertemu lagi di rumahmu di sana. Paul sudah berada di dunia kekal.
Sampai bertemu lagi, Paul. Aku percaya kau sudah mendapatkan tempat yang lebih baik di surga kucing. Tetaplah menjadi Paul di langit.

Amin.

2 comments:

  1. 13 th umur yg panjang utk kucing yg dilepas keluar rumah. tapi kalo ga ada yg siram oli mungkin dia msh hidup lbh lama lagi ya.. :((

    selamat jalan paul, salam untuk kucing kesayanganku disana ya...

    ReplyDelete
  2. :) terima kasih, Feby
    semoga mereka senang di sana hehehe

    ReplyDelete