Saturday, January 14, 2012



"Itu kucing kalo tuannya pergi merantau, ia akan pergi keluar rumah dan sombong sekali dia gak pernah mau mampir ke rumah" kata ibunya teman saya.


Kucing ini salah satu dari ke-12 kucing peliharaan teman saya sewaktu ia kecil. Temanku bercerita panjang lebar tentang kucing-kucingnya, terutama si Yayang ini. Kurasa karena dia adalah kucing yang paling menarik kisahnya.
Seperti mempunyai ikatan batin antara si kucing dengan tuannya itu.
Yayang akan pergi keluar jika teman saya itu pergi ke jogja, dan akan kembali di depan rumah, sesaat teman saya itu kembali ke rumahnya.

"Dulu, waktu ada pesta di rumah, kita masak banyak makanan, lalu aku bicara sama yayang buat ngejagain makanan dari tikus-tikus. Nanti kukasihkan kau jatah satu ayam kataku waktu itu"
"Dan, benar benar dijaganya makanan itu sampai pagi, lalu benar saja ia hanya mau paha saja untuk dimakannya, maksudnya waktu dikasih lagi tak mau ia memakannya" Ujar temanku dengan perasaan masih takjub.

Sekarang, Yayang sudah 10 tahunan lebih umurnya. Seperti yang terlihat pada wajahnya, tergambar bagaimana dia hidup ketika temanku ini merantau.

Hari ini saya menemukan bentuk kesetiaan seekor hewan terhadap tuannya (lagi).
Yah, sebuah perkenalan yang menyenangkan kurasa.

No comments:

Post a Comment